Benarkah Makan Telur Puyuh Dapat Membuat Kadar Kolesterol Naik?

Telur puyuh menjadi salah satu sumber protein yang bagus bagi tubuh. Selain rasanya nikmat, telur puyuh ini juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan. Di sisi lain, telur puyuh juga mempunyai reputasi yang baik karena dianggap dapat menyebabkan kenaikan kolesterol. Apakah hal ini benar?
faroka
Kandungan lemak jenuh dalam telur puyuh
Telur puyuh adalah telur yang dihasilkan dari seekor buyung puyuh. Anda mungkin dapat menemukannya dalam berbagai hidangan, biasanya dapat anda temukan dalam hidangan seperti dalam sup. Bentuknya yang lebih kecil dari telur biasa yang membuat Anda akan mengonsumsinya dalam jumlah yang lebih banyak dalam sekali makan. Namun, tunggu dulu, jika kebanyakan makan telur ini mungkin saja akan menjadi tidak baik.

Satu porsi telur puyuh yaitu 5 butir mengandung 6 gram protein serta 5 gram lemak. Kandungan protein serta lemaknya yang relatif lebih sedikit membuat jumlah kalori yang terkandung di dalamnya menjadi juga relatif sedikit, ialah hanya sekitar 71 kalori dalam satu porsinya.

Adakalanya kandungan lemak jenuh dalam telur punyuh ini juga relatif tinggi. Dalam 5 butir telur terkandung sebesar 1,6 gram lemak jenuh. Jumlah ini bisa dikatakan lebih tinggi jika dibandingkan dengan telur ayam yang mengandung lemak jenuh sebesar 1,5 gram dalam satu butir.

Perbandingan kandungan kuning telur yang lebih banyak jika dibandingkan dengan putih telur dalam telur puyuh bisa memengaruhi jumlah lemak jenuh yang terdapat pada telur puyuh. Lemak jenuh ini kemudian bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Memang mengkonsumsi telur sangat bagus bagi kesehatan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Namun, tidak setiap yang baik untuk dikonsumsi boleh untuk dimakan dengan semaunya. Jika berlebihan dalam mengkonsumsi telur, dalam hal ini adalah telur punyuh, maka bisa berakibat pada kenaikan kadar kolesterol. Faroka menyarankan supaya anda membatasi diri dalam mengkonsumsi telur punyuh karena berakibat tidak baik seperti kenaikan kadar kolesterol. Anda bisa mengkonsumsi telur punyuh dalam sehari cukup 1 porsi yaitu sebanyak lima butir telur punyuh. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *