Bingung Pilih Platinum atau Palladium untuk Cincin Kawin Anda?

Cincin kawin ataupun cincin tunangan merupakan benda yang krusial dan teramat penting bagi setiap pasangan. Sehingga sangat wajar bila mereka begitu cermat dan penuh perhitungan saat akan memilih cincin tersebut. Nah, untuk itu pada kesempatan ini kami akan bagikan ulasan terkait tips memilih cincin kawin, dalam hal ini yang menjadi pilihan adalah cincin bermaterial platinum dan palladium. Kedua bahan tersebut, merupakan bahan populer dan paling banyak diminati sebagai bahan pembuat cincin kawin. Selama ini orang hanya mengenal cincin dari bahan emas. Setelah krisis ekonomi yang melanda indonesia, Bahan cincin dari perak lahir. Setelah cincin sudah mulai banyak dikenal maka bahan banyak bermunculan yang terdiri dari bahan titanium, emas, platina, perak dan palladium

Palladium adalah salah satu logam perak yang berwarna putih dan berkilau. Palladium kini tengah menjadi tren di kalangan pasangan yang sedang mencari referensi untuk pembuatan cincin kawin atau tunangan berkualitas. Sedangkan platinum merupakan salah satu logam mulia yang juga berwarna putih dan berkilau. Kedua logam tersebut memiliki kemiripan dari segi penampakannya.

Nah, sebagai bahan pertimbangan, berikut kami bagikan ulasan tentang beberapa perbedaan antara kedua logam tersebut.

Palladium Vs Platinum

  • Daya Tahan
    Palladium merupakan logam dengan daya tahan lama. Cincin bermaterial palladium memiliki ketahanan 15% lebih tinggi dibandingkan cincin bermaterial emas putih. Warna dari cincin berbahan dasar palladium juga tidak mudah luntur. Namun, logam palladium lebih mudah tergores dibandingkan platinum.

Platinum juga dikenal dengan sebutan rajanya logam mulia. Platinum memiliki daya tahan sangat tinggi. Cincin berbahan dasar platinum tidak mudah tergores. Selain itu, platinum juga tahan terhadap karat, korosi, dan tidak mengalami keausan seperti halnya logam mulia lainnya.

  • Harga
    Platinum termasuk golongan logam mulia dengan kualitas terbaik. Platinum juga memiliki ketahanan yang sangat tinggi. Maka, tak heran jika harga platinum terbilang mahal jika dibandingkan logam lainnya. Dibandingkan dengan harga emas, platinum atau platina lebih mahal. Warnanya putih mengkilap membuat platina sangat bagus.

Palladium termasuk jenis logam yang harganya terjangkau. Meski tak begitu mahal namun palladium memiliki kualitas yang tak kalah baik dibandingkan platinum. Jika dibandingkan logam perak biasa, harga palladium lebih mahal.

  • Sifat Alergenic
    Logam platinum merupakan logam hypoallergenic atau non alergi sehingga aman digunakan bagi semua orang. Platinum mengandung 90-95% logam murni tanpa kandungan nikel. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, perhiasan berbahan platinum bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Logam palladium juga memiliki sifat hypoallergenic karena merupakan logam murni. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan palladium sebagai bahan cincin kawin atau perhiasan Anda.

Platinum vs Palladium
Logam platinum akan terlihat sangat cantik jika dipadukan dengan berlian atau batu permata lainnya. Hal ini dikarenakan platinum memiliki kilauan yang sangat indah. Warna batu permata akan menambah kilauan platinum semakin terpancar. Pada umumnya, platinum disukai oleh para pria karena bentuknya yang begitu elegan.

Sedangkan palladium memiliki warna yang agak lebih gelap dibandingkan platinum. Palladium juga dapat dipadukan dengan berbagai macam batu permata yang berwarna-warni sehingga membuat kilauan palladium semakin indah.

Nah, itu dia ulasan terkait platinum dan palladium. Kira-kira jenis logam mana yang paling cocok untuk cincin nikah atau Anda. Tentu setelah memilih bahan kamu harus mencari toko cincin nikah yang terpecaya dan bergaransi. Jika masih bingung dalam memilih toko perhiasan yang bagus silahkan cek di http://cincinpasangan.com. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *